Fakta Fakta Menarik Laga Klasik Klub Asal Bandung dan Jakarta Ini

Fakta Fakta Menarik Laga Klasik Klub Asal Bandung dan Jakarta Ini

Berita Terbaru – Pertandingan minggu ke-7 Liga 1 2019 pertengahan minggu ini akan menghadapkan Persija Jakarta versus Persib Bandung. Pertandingan classic itu akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Rabu (10/7/2019). Tempat pertandingan Persija versus Persib di SUGBK jadi hal yang menarik. Masalahnya ke-2 team sangatlah jarang-jarang terjebak bentrokan di stadion legendaris itu. Jangankan di SUGBK, untuk menghelat pertandingan Persija versus Persib di seputar Jakarta saja dahulunya terhitung hal yang susah.

Fakta Fakta Menarik Laga Klasik Klub Asal Bandung dan Jakarta Ini

Tingkat kerawanan yang tinggi membuat pertandingan Persija versus Persib seringkali terusir ke Stadion Manahan, Solo, tempat yang banyak dipandang rumah ke-2 team Macan Kemayoran. Pertandingan Persija versus Persib pada 10 Juli ini adalah yang pertama dalam lima tahun paling akhir.

Ke-2 team tertera terakhir kali berduel di SUGBK pada 10 Agustus 2014. Pertandingan waktu Liga Indonesia masih bernama Indonesia Super League (ISL) saat itu selesai dengan score 0-0. Pada 2015, tidak ada bentrokan ke-2 team sesudah ISL di stop karena PSSI dibekukan pemerintah. Pertandingan Persija versus Persib baru terwujud kembali ke 5 November 2016 dalam suatu kompetisi bernama Indonesia Soccer Championship. Pertandingan yang digelar di Solo saat itu selesai dengan score 0-0.

Pasca-pertandingan, konvoi rombongan The Jakmania, panggilan simpatisan Persija, yang akan pulang ke Jakarta terserang waktu lewat di tol Cipali, Cirebon. Benturan juga berlangsung di tepi tol. Seseorang anggota Jakmania meninggal. Persija serta Persib kembali berduel di Solo pada 3 November 2017. Kesempatan ini, dalam laga sah di arena Liga Indonesia yang telah memakai nama Liga 1. Pertandingan minggu ke-33 itu selesai dengan score 1-0 untuk kemenangan Persija. Laga di stop di menit ke-83 sesudah pemain Persib “walk out”. Pemain Maung Bandung protes kepemimpinan wasit yang dipandang banyak bikin rugi Persib, diantaranya menganulir gol melalui tandukan Ezechiel N Douassel di menit ke-27.

Beberapa waktu berlalu, persisnya pada 30 Juni 2018, pertandingan Persija versus Persib pada akhirnya kembali diadakan di Jakarta. Tetapi, bukan di SUGBK, tetapi di Stadion PTIK. Saat itu, SUGBK masih ditutup untuk persiapan Asian Games 2018. Persija terhalang memakai beberapa stadion lain di seputar Jakarta, seperti Patriot Chandraabhaga, Bekasi; Wibawa Mukti, Cikarang; atau Pakansari, Cibinong. Pertandingan Persija versus Persib di Stadion PTIK selesai dengan score 1-0 untuk kemenangan tuan-rumah.

CEO Persija, Ferry Paulus, menghargai faksi kepolisian yang sudah keluarkan izin untuk laga di SUGBK kesempatan ini. Menurut Ferry, terdapat beberapa kriteria yang dikeluarkan faksi kepolisian supaya laga Persija versus Persib di SUGBK dapat diadakan. Dia memandang hal itu lumrah. “Saya tentu saja mengharap semua stakeholder dapat ikuti semua ketentuan yang disuruh kepolisian. Kita harus jaga apa yang perlu diisyaratkan,” sebut Ferry di Jakarta pada Senin (8/7/2019).

Ferry menyarankan pada semua simpatisan Persib Bandung tidak untuk nekat hadir ke SUGBK. Larangan tersebut juga diedarkan oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) pada waktu lalu. “Faksi Persib Bandung juga menyanggupi hal tersebut (bobotoh dilarang ke SUGBK). Tempo hari kami juga bekerjasama dengan Pak Umuh Muchtar (Manager Persib) serta Budi Bram (Panpel Persib),” papar Ferry.

Written by

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *