Ini Gambaran Sedikit Perihal Konsep Yang Digunakan Untuk Ibu Kota Baru Menurut Mendagri

Ini Gambaran Sedikit Perihal Konsep Yang Digunakan Untuk Ibu Kota Baru Menurut Mendagri

Berita Terbaru – Tjahjo Kumolo memberikan keterangan tentang konsep ibu kota baru. Pria yang menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) menjelaskan, hasil dari bahasan, pada prinsipnya Ibu Kota baru bukan wilayah otonomi baru. Dimana ada peluang, Ibu Kota baru nanti bisa menjadi daerah pusat administrasi seperti di Putrajaya, Malaysia.”Pada prinsipnya pemerintahan ini yang saya mengerti bukan wilayah otonomi baru. Ya (jadi daerah) spesial, ya seperti Putrajaya lah di Malaysia,” tutur Tjahjo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (12/8/2019).

Ini Gambaran Sedikit Perihal Konsep Yang Digunakan Untuk Ibu Kota Baru Menurut Mendagri

Tidak itu saja, Politikus PDI Perjuangan itu menjelaskan nanti tidak ada penerapan pilkada (Pemilihan kepala daerah) untuk Ibu Kota baru. Sebab, daerah Ibu Kota baru itu tidak di pimpin oleh kepala wilayah, baik gubernur, bupati, atau wali kota.”Setahu saya tidak ada (penyelenggaraan pemilihan kepala daerah),” katanya.Saat diberi pertanyaan masalah status Wilayah Spesial Ibu Kota Jakarta akan hilang bila ada ibu kota baru, Tjahjo malas menjawab. Kata Tjahjo, bahasan ibu kota baru yaitu tentang pemerintahan dengan pusat perekonomian serta pusat pemerintahan.

“Kami tidak bicara masalah itu (status DKI Jakarta), dibedakan tentang pemerintahan dengan pusat perekonomian, pusat pemerintahan. Nantikan rilisnya dari Bappenas,” pungkasnya.Awalnya dalam rapat hanya terbatas masalah perpindahan Ibu Kota, Jokowi menjelaskan jika Ibu Kota Negara akan dipindahkan ke Kalimantan. Tetapi belum didapati persis Kalimantan mana sebagai tempat Ibu Kota baru.

“Ini ialah ratas ke-2 yang bicara tentang perpindahan ibu kota negara. Sesudah ke lapangan serta memperoleh beberapa analisis walau belum usai 100 %. Telah makin mengerucut serta pilihannya juga jelas jika ibu kota negara akan dipindahkan di Kalimantan. Di Kalimantan, provinsinya dimana ini yang perlu didetailkan,” tutur Jokowi.

Tidak itu saja, Jokowi menyebutkan beberapa pilihan yang dilakukan tindakan oleh Bappenas sampai Kementerian Pekerjaan Umum serta Perumahan Rakyat yaitu di Propinsi Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur serta Kalimantan Selatan. Katanya, nanti sesudah diuraikan, pemerintah selekasnya putuskan dimana propinsi yang bisa menjadi perpindahan Ibu Kota.Karena, pemerintah akan lihat analisis terlebih dulu yang terkait dengan kebencaanaan, daya junjung lingkungan. Selanjutnya analisis pemerintah lihat dari bagian demografi, sosial politik, pertahanan serta keamanan.

Written by

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *