Fraksi PKB Menanyakan Alasan Pak Jokowi Pilih Hanif Jadi Menpora

Fraksi PKB Menanyakan Alasan Pak Jokowi Pilih Hanif Jadi Menpora

Berita Terbaru – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri jadi pelaksana pekerjaan (Plt) Menpora gantikan Imam Nahrawi yang harus mundur karena terseret kasus hukum. “Berkaitan dengan tempat Menpora, Bapak Presiden tempo hari telah terima surat pengunduran diri dari Pak Imam Nahrawi. Barusan Bapak Presiden telah tanda-tangani Keppres penghentian Imam Nahrawi jadi Menpora serta mengusung Saudara Hanif Dhakiri jadi Plt Menpora,” kata Mensesneg Pratikno di Istana, Jakarta, Jumat (20/9/2019). Ketetapan Jokowi menunjuk Hanif yang disebut kader PKB jadi pertanyaan sebab tempatnya gantikan Imam yang kader PKB.

Fraksi PKB Menanyakan Alasan Pak Jokowi Pilih Hanif Jadi Menpora

Jokowi juga mengutarakan pertimbangannya pilih Hanif. Tidak hanya alasan masalah partai politik, alasan yang lain kerena beberapa menteri di Kabinet Kerja Jokowi-JK dipilih jadi anggota DPR RI 2019-2024. “Ada banyak alasan, sebab ada banyak menteri dilantik anggota DPR pada 1 Oktober,” tutur Pratikno. Pratikno menyetujui waktu diberi pertanyaan alasan lain sebab latar partai politik. Imam Nahrawi, yang mundur dari Menpora, dan Hanif saling kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). “Iya, diantaranya itu,” tuturnya.

Presiden Jokowi telah tanda-tangani Keppres penghentian Imam Nahrawi dari jabatan Menpora di hari ini. Imam awalnya telah ajukan surat pengunduran diri ke Jokowi “Barusan presiden sinyal tangani Keppres penghentian Imam Nahrawi jadi Menpora serta mengusung Hanif Dhakiri jadi Plt. Jadi rangkap jabatan tidak hanya memegang jadi Menaker,” sambung Pratikno. Pengamat politik Rico Marbun memberi pandangannya. Menurut Rico, alasan Jokowi pilih Hanif atas basic partai politik karena pada periode Kabinet Kerja Jokowi-JK jatah Menpora diduduki oleh PKB.

“Jika dari bagian hitung politik Menpora itu kan pada periode lalu itu kan jatahnya PKB kan, hingga jika misalnya direshufle serta diserahkan kepada orang tidak hanya PKB itu kan akan memunculkan kerusuhan yang baru, hingga lumrah saja kalu yang dikerjakan Pak Jokowi ini ingin memberi seperti konsolidasi politik itu khusnul khotimah,” jelas Rico. Menurut Rico, Jokowi bisa jadi akan menyentuh PKB bila tempat Menpora diserahkan kepada orang yang bukan PKB.

“Tapi jika itu orangnya baru tetapi dari PKB itu rasa-rasanya tidak mungkin, hanya karena memegang cuma sebulan, kan tidak ada berarti, hingga dicarilah dari orang PKB yang ada juga di kabinet. Jadi saya fikir itu lah langkah Pak Jokowi ingin jaga khsusnul khatimah konsolidasi politik hingga tidak ada kerusuhan yang tak perlu,” katanya. Diluar itu, ditunjuknya Hanif menurut Rico bisa jadi menguatkan pertaruhan bila Hanif akan menempati jabatan Menpora pada periode Jokowi selanjutnya. Tetapi Rico melihat jika Kabinet Jokowi yang baru bisa jadi berisi penghitungan politik yang baru, dengan makna ada kesempatan orang yang isi jabatan Menpora di periode selanjutnya.

“Tetapi ia gunakan Dhakiri (untuk gantikan Imam Nahrawi), bermakna Dhakiri ini figur yang dapat diterima oleh Pak Jokowi, dapat diterima oleh PKB, kan ia tidak mengundang orang, tokoh PKB lainnya yang sampai kini jadi tim sukses Pak Jokowi, ini kan tidak dikerjakan, tetapi itu ia masih ke Dhakiri. Jadi kita dapat nilai jika Pak Hanif Dhakiri punyai tempat yang istimewa serta lumayan baik, baik dari Pak Jokowi atau disamping Muhaimin (Ketua umum PKB),” paparnya.

Written by

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *