Ini Cara Kementan Untuk Memaksimalkan Fungsi Dari Kartu Tani.

Ini Cara Kementan Untuk Memaksimalkan Fungsi Dari Kartu Tani.

Berita Terbaru – Kembali pemerintah melakukan sebuah torbosan dan solusi baru Untuk memaksimalkan distribusi serta pendayagunaan Kartu Tani yang sejauh ini nampaknnya belum bisa di maksimalkan kegunaan nya. Baru baru ini pemerintah akan membuat team lintas bidang.

Ini Cara Kementan Untuk Memaksimalkan Fungsi Dari Kartu Tani.

Direktur Jenderal Prasarana serta Fasilitas Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) Sarwo Edhy menjelaskan, sekarang kurang lebih 5,5 juta kartu yang telah diberikan. Akan sangat mubajir bila kartu kartu tani ini tidak bisa di maksimalkan kegunaannnya

“Memang masih ada beberapa masalah yang mengakibatkan pendayagunaan kartu ini belum maksimal. Pertama, perlu waktu sebab ada petani yang (tempatnya) jauh di pucuk gunung, jauh dari kota. Ini butuh langkah serius untuk sampai sasaran,” kata Sarwo, Jakarta, Senin (7/10/2019).

Tempat beberapa petani yang jauh dari perkotaan ini, menurut dia, membuat mereka kesusahan untuk memperoleh akses signal atau internet. Walau sebenarnya internet jadi salah satunya fasilitas penting untuk lakukan transaksi memakai kartu tani. “Diluar itu, ada juga rumor berkaitan rutinitas petani yang tidak gampang dirubah,” lebih Sarwo.

Satu team yang beranggotakan beberapa kementerian, seperti Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, BUMN, serta perbankan dibawah bendera Himpunan Bank Punya Negara (Himbara), akan ikut terlibat dalam program Kartu Tani. Team ini, kata Sarwo akan dikomandoi oleh Kementerian Koordinator Bagian Perekonomian jadi leading sector.

“Langkah pertama yang akan dikerjakan team ini ialah mengidentifikasi permasalahan sebagai pemicu kurang maksimalnya distribusi atau pendayagunaan Kartu Tani di setiap wilayah. Seterusnya, team ini akan bergerak cari jalan keluar hingga pendayagunaan kartu tani dapat selekasnya dimaksimalkan,” tuturnya.

Jadi langkah pertama, optimisasi distribusi serta pendayagunaan Kartu Tani akan dipusatkan di tiga wilayah, yaitu Jawa Barat, jawa Timur, serta Jawa Tengah. Beberapa daerah itu jadi kontributor paling besar pada produksi padi nasional.

Kartu Tani jadi instrumen penting dalam pendistribusian pupuk bersubsidi. Ke depan, pemerintah merencanakan mengharuskan kartu tani buat beberapa penerima pupuk bersubsidi. “Tidak hanya pupuk, Kartu Tani bisa menjadi akses untuk memperoleh pertolongan benih, persewaan alat serta mesin pertanian (alsintan), serta permodalan berbentuk credit usaha rakyat (KUR),” ujarnya.

Written by

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *