Kesalahan Yang Dilakukan Leclerc Di GP Jepang Berbuntut Hukuman Berat

Kesalahan Yang Dilakukan Leclerc Di GP Jepang Berbuntut Hukuman Berat

Berita Terbaru – Pembalap Ferrari, Charles Leclerc, memperoleh sangsi berat gara-gara melakukan tindakan sembrono di trek balap. Pemberian hukuman pada Charles Leclerc berlangsung dalam seri Formula 1 GP Jepang di Circuit Suzuka, Minggu (13/10/2019). Pada seri balap Jepang yang sangat terpaksa diundur sebab berlangsung topan Hagibis itu, Leclerc semestinya dapat mendapatkan juara. Sayang, perjuangan Leclerc untuk finish di tempat paling depan malah terhambat oleh runtutan kesalahan yang dibuat olehnnya.

Kesalahan Yang Dilakukan Leclerc Di GP Jepang Berbuntut Hukuman Berat

Leclerc lalu menerangkan kesalahan fatal yang ia kerjakan hingga dijatuhi hukuman oleh direksi balapan. “Saya memulainya dengan benar-benar jelek selanjutnya ada Verstappen di samping serta kejadian itu tidak bisa dihindarkan,” tutur Leclerc, dikutip wartawan dari Crash.

“Saya ada disamping dalam, di belakang Sebastian Vettel serta Lewis Hamilton,” sambungnya. Leclerc mengerti hal tersebut. Diakuinya semestinya dapat lebih waspada serta patuhi petunjuk yang diberi oleh teamnya.

Dianya mohon maaf pada beberapa pembalap yang terjebak atas kejadian yang dimulai olehnya. “Saya dikit kehilangan daya tekan ke bawah mobil dibagian depan, tapi umumnya Anda harus dapat mengantisipasinya, serta saya tidak.” “Saya yang harusnya disalahkan,” sambung juara kejuaraan dunia Formula 2 musim 2017 itu.

Runtutan kesalahan itu berawal waktu lap pertama dimana Leclerc menabrak sisi samping mobil yang dikendarai Max Verstappen. Karena kejadian itu, mobil Verstappen tergelincir ke luar track. Pembalap Red Bull Racing itu pada akhirnya tidak berhasil finish walau coba meneruskan balapan.

Tidak cukup kejadian tabrakan dengan lawannya. Leclerc kembali lakukan kesalahan saat tidak selekasnya patuhi petunjuk dari teamnya untuk lakukan pitstop. Walau sebenarnya Ferrari minta Leclerc masuk ke pit di akhir putaran ke-2 untuk ganti sayap depan yang hancur karena tabrakan dengan Verstappen.

Sikap menentang Leclerc membahayakan pembalap yang lain. Serpihan sayap depannya hampir tentang Lewis Hamilton yang saat itu ada di belakangnya. Beberapa kesalahan itu membuat race stewards menjatuhkan tiga hukuman pada Charles Leclerc. Race stewards pertama kali menjatuhkan hukuman penalti lima detik pada Leclerc karena membuat Verstappen keluar dari track.

Ketetapan membalap dengan mobil yang “dalam keadaan tidak aman” membuat keseluruhan penalti waktu yang diterima Leclerc jadi 15 detik. Penalti itu membuat tempat finish Leclerc turun satu strip ke posisi ke-7, atau dikatakan finish di belakang Daniel Ricciardo yang naik ke tempat enam. Tidak sampai disana. Pembalap asal Monako itu mendapatkan penalti dua point pada lisensinya.

Perli diketahui, jika dalam periode 12 bulan pembalap mengumpulkan 12 point penalti, ia akan dilarang tampil pada sebuah balapan selanjutnya. Tidak cuma Leclerc, Ferrari mendapatkan hukuman berbentuk denda sebesar 25.000 euro atau seputar Rp 390 juta. Ferrari diberi hukuman sebab tidak selekasnya lakukan perintah race director yang minta Leclerc pitstop pada lap pertama, atau pas sesudah kejadian dengan Verstappen.

Written by

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *