Cara Mengetahui Metcha Asli Dengan Sederhana

Cara Mengetahui Metcha Asli Dengan Sederhana

Berita Terbaru – Matcha ialah minuman tradisionil asal Jepang yang sering diberikan jadi sisi dari upacara minum teh di golongan beberapa bangsawan. Tetapi, matcha sekarang jadi olahan rasa yang banyak digunakan untuk minuman atau makanan. Founder Indonesia Tea Institute sekaligus juga ahli teh Ratna Somantri menerangkan, matcha tidak sama dengan teh hijau biasa. Matcha ditanam lewat proses yang spesial.

Cara Mengetahui Metcha Asli Dengan Sederhana

Beberapa minggu sebelum daun diambil, tanaman matcha tertutupi terlebih dulu untuk meminimalisasi paparan cahaya matahari. Ini mempunyai tujuan supaya tanaman memiliki kandungan polifenol tinggi hingga daunnya lebih hijau, berasa lebih manis serta tidak pahit. Sebab kaya asam amino, matcha punya rasa gurih serta creamy yang ciri khas atau disebutkan umami.

“Jika kita buat dari daun teh biasa dibikin jadi serbuk itu tidak bisa seperti matcha sebab tidak lewat proses itu,” papar Ratna waktu didapati pada pertemuan wartawan National Matcha Day with Matchamu di lokasi Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (14/1/2020).

Walau gampang diketemukan di market, tetapi nyatanya tidak semua matcha asli. Terdapat beberapa matcha di market yang dibikin dengan bubuk teh hijau yang ditambah lagi pewarna. Lantas, bagaimanakah cara membedakannya?

  • Yang pertama adalah Harga Menurut Ratna, pengerjaan matcha sangat susah hingga minuman matcha tidak dapat di jual pada harga yang benar-benar murah. “Jika murah sekali, contoh matcha latte Rp 5.000 pastinya bukan matcha,” katanya.
  • Yang kedua adalah Warna Tetapi, harga tidak selamanya dapat jadi dasar. Hingga hal yang lain yang penting dilihat ialah warnanya. Warna bubuk teh hijau condong kuning kecokelatan, tidak dapat sama hijaunya dengan matcha. Warna hijau yang sama dapat didapat dengan memakai pewarna, tetapi warna hijau pewarna dapat luntur bila digabung dengan air. “Ada yang memberikan tambahan pewarna, tetapi jika diberi air warnanya akan langsung terpisah,” tuturnya.
  • Yang ketiga adalah Aroma serta rasa Matcha punya aroma yang benar-benar ciri khas serta tidak sama dari teh yang lain, yaitu seperti aroma daun tetapi lebih creamy. Matcha akan berasa gurih serta tidak pahit. Beda perihal bila kita konsumsi bubuh teh hijau. Itu kenapa matcha benar-benar pas saat digabungkan dengan susu. “Green tea powder pahit semua, tidak ada sweetness serta creamy,” sebut ia.

Written by

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *